Langsung ke konten utama

Tugas Pertemuan Ke 3 ( Tiga )

HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

                           
Nama    : GANDARA ISMAIL SAFEI
NIM      : 21832008
Kelas     : PTI - C
Dosen    : Aceng Ahmad Rodiana Susila, M,Pd.

 

 Hakikat Belajar Dan Pembelajaran

  1. Pengertian Belajar 

    Belajar menurut Gagne dalam teori belajar dan pembelajaran (2010, hlm. 4) “Learning is relatively permanent change in behavior that result from past experience or purposeful instruction”. Belajar adalah suatu perubahan perilaku yang relatif menetap yang dihasilkan dari hasil pengalaman masalalu ataupun dari pembelajaran yang bertujuan. 

  Belajar pada hakekatnya merupakan proses kegiatan secara berkelanjutan dalam rangka perubahan perilaku peserta didik secara konstruktif. Hal ini sejalan dengan Undang - Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta ketermpilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa, dan negara.

  •     Tiga Tahap Dalam Belajar 

  1. Persiapan untuk belajar dengan melakukan tindakan mengarahkan perhatian, pengharapan, dan mendapatkan kembali informasi
  2. Pemerolehan dan unjuk perbuatan (performansi) digunakan untuk persepsi selektif, sandi semantik, pembangkitan kembali, respon, dan penguatan
  3. Alih belajar yaitu pengisyaratan untuk membangkitkan dan memberlakukan secara umum

    Ciri khas belajar adalah perubahan, yaitu belajar menghasilkan perubahan perilaku dalam diri peserta didik. Belajar menghasilkan perubahan perilaku yang secara relatif tetap dalam berpikir, merasa, dan melakukan pada diri peserta didik. Perubahan tersebut terjadi sebagai hasil latihan, pengalaman, dan pengembangan yang hasilnya tidak dapat diamati secara langsung.

  •     Tujuan Belajar 

  1. Mengubah kebiasaan, dari yang buruk menjadi baik.
  2. Mengubah sikap dari negatif menjadi positif, tidak hormat menjadi hormat, benci menjadi sayang, dan sebagainya. 
  3. Meningkatkan keterampilan atau kecakapan. 
  4. Menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu.
    2.Pengertian Pembelajaran

    Pembelajaran mengandung makna adanya kegiatan belajar dan mengajar, dimana pihak yang mengajar adalah guru dan yang belajar siswa yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa sebagai sarana pembelajaran. Dalam proses pembelajaran akan mencakup berbagai komponen seperti media, kurikulum, dan pasilitas pembelajaran.

    Sedangkan menurut Undang-undang sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

  • Tujuan Pembelajaran

- Mendapat Pengetahuan 
- Untuk Menanamkan Konsep dan Pengetahuan
- Membentuk sikap atau Kepribadian

  • Peran Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran

    Guru adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran. Tanpa guru sabagus apapun strategi atau seideal apapu strategi, ini tidak akan terwujud tanpa adanya guru yang berperan didalamnya.

    Ahmad (2016, h. 33) peran dan fungsi guru adalah sebagai pendidik dan pengajar, sebagai anggota masyarakat, sebagai pemimpin, sebagai administrator, dan sebagai pengelola pembelajaran.

  • Komponen - Komponen Dalam Pembelajaran

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Guru
  3. Peserta didik/Siswa
  4. Bahan/Materi Pelajaran
  5. Metode Pembelajaran
  6. Media Pembelajaran
  7. Evaluasi      

Komentar