Langsung ke konten utama

Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran

UTS Belajar Dan Pembelajaran

 

---------------------------------------------------------------------------

Nama              : GANDARA ISMAIL SAFEI 

NIM                : 21832008

Prodi               : PTI  

Kelas               : Rekognisi - C

---------------------------------------------------------------------------

Dosen pengampuh : Aceng Ahmad Rodian Susila, M.Pd

---------------------------------------------------------------------------

1. Belajar dan pembelajaran dikatakan sebuah bentuk edukasi yang menjadikan adanya suatu interaksi antara guru dengan siswa, Jelaskan apa hakekat dari belajar dan pembelajaran. Bagaimana peran dan tugas guru dalam proses pembelajaran?  


Jawaban :  

    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

    Peran dan tugas guru dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.


 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembelajaran sebagai suatu sistem dan belajar sebagai suatu proses, serta mengapa siswa perlu sekali motivasi belajar dan jelaskan apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar!   


Jawaban :

    Sistem merupakan perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Pada sistem, terbentuk dari berbagai elemen, seperti masukan, proses, keluaran, dan umpan balik (input, process, output, feedback). Setiap komponen/elemen satu sama lain, saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan/kompetensi yang telah ditetapkan.

    Pembelajaran merupakan proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Dapat juga dikatakan sebagai suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam suatu lingkungan belajar yang telah disiapkan, dengan tujuan membantu peserta didik dalam meningkatkan mutu dan menambah pengetahuan.

    Di dalam kegiatan belajar-mengajar peranan motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangat diperlukan. Motivasi bagi pelajar dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif, dapat mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar.  Ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di sekolah, di antaranya yaitu: Memberi angka, Hadiah, Kompetisi, Mengetahui Hasil, Pujian Memberi Ulangan


Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah sebagai berikut, aspirasi siswa, kemauan siswa, konndisi siswa, kondisi lingkuangan siswa.


   3. Menurut pendapatmu apa saja permasalahan pendidikan di Indonesia pada saat ini apalagi pasca pandemi covid 19.   


Jawaban :

permasalahan pendidikan di indonesia di masa pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan melalui bantuan teknologi. Namun, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru, dosen, dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, serta kompetensi. Situasi pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan.


 4. Jelaskan makna dari teori pembelajaran menurut bebrapa ahli dan bagaimana penerapannya dalam proses pembelajaran, jelaskan minimal 2 teori pembelajaran dari mulai teori belajar behavioristik, kognitifisme, konstruktivistik, humanistik, dan teori sibernetik.


Jawaban :

    Teori humanistik berasumsi bahwa teori belajar apapun baik dan dapat dimanfaatkan, asal tujuannya untuk memanusiakan manusia yaitu pencapaian aktualisasi diri, pemahaman diri, serta realisasi diri orang belajar secara optimal.

    Teori Sibernatik berasumsi bahwa teori belajar adalah pengolahan informasi. Informasi yang didapat hanya mampu bertahan kurang lebih 15 detik apabila tanpa adanya upaya pengulangan


5. Kemukakan kenapa dalam pendidikan harus memiliki prinsip belajar dan pembelajaran, serta jelaskan 2 teori prinsip belajar dan pembelajaran (M. Sobry Sutikno, Atwi Suparman, Rothwell A. B, Slameto)                  


Jawaban :

Karena dengan adanya prinsip pembelajaran kita ada landasan berpikir, landasan berpijak dengan harapan tujuan pembelajaran tercapai dan tumbuhnya proses pembelajaran yang dinamis dan terarah.


    1. M. SOBRY SUTIKNO (2013:11)

        -Belajar perlu memiliki pengalaman dasar

        -Belajar harus bertujuan yang jelas dan terarah

        -Belajar memerlukan situasi yang problematis

        -Belajar harus memiliki tekad dan kemauan yang keras dan tidak mudah putus asa

        -Belajar memerlukan bimbingan, arahan, serta dorongan

        -Belajar memerlukan latihanBelajar memerlukan metode yang tepat

        -Belajar membutuhkan waktu dan tempat yang tepat

2. Dr. Slameto, PhD

        -Berdasarkan prasyarat yang diperlukan untuk belajar

        -Sesuai hakikat belajar

        -Sesuai materi/bahan yang harus ‘dipelajari’

Komentar